TIME TO BEAT

Gelar “Super Watch” atau “Best of The Best” patut disematkan pada koleksi jam-jam ini, yang sebagian diperkenalkan ke publik pada ajang perhelatan paling akbar di dunia horologi yang selalu ditunggu setiap tahunnya, Watches and Wonders Geneva 2024. Kami pilihkan delapan koleksi teranyar di tahun 2024 yang pantas mendapatkan gelar tersebut, apakah Anda setuju?

  1. Lange & Söhne

Merek asal Jerman ini menciptakan Datograph Perpetual Tourbillon Honeygold “Lumen”, mahakarya yang berani mengambil langkah radikal dengan tiga komplikasi sekaligus: Datograph Flyback yang sangat rumit, Perpetual Calendar (kalender abadi) dan Tourbillon.

Tidak hanya itu, jam berdiameter 41.5mm dan tebal 14.6mm ini mengusung casing Honeygold 18K dan seluruh permukaan dial diberi sentuhan Lumen bercahaya, seakan menjawab keinginan para kolektor dan penggemar Lange dengan menggabungkan semua hal yang mereka sukai dari Lange ke dalam satu jam tangan.

Dengan dial berlapis Lumen semi-transparan, warna jam akan berubah, dari abu-abu di siang hari, menjadi hijau di malam hari, menampakkan lebih banyak lagi 684 bagian mesin jamnya.

Ditenagai oleh kaliber L952.4 dengan mesin jam kronograf Datograph (roda kolom dan kopling horizontal) dengan modul QP dan pengatur tourbillon, jam ini diproduksi terbatas 50 buah, harganya: USD 620,000 (sekitar IDR 9,97 milyar). www.alange-soehne.com

 

Hublot

Koleksi MP ultra-high-end eksperimental ini menjadi tempat para desainer dan pembuat jam tangan Hublot yang dibebaskan untuk berkarya dan benar-benar melepaskan diri terhadap konsep baku haute horlogerie.

Hasilnya? Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium yang mengagumkan. Tampilannya futuristik, menggunakan roller untuk menunjukkan indikasi waktu digital yang praktis dan intuitif.

Jam dan menit ditunjukkan oleh dua drum atas, cadangan daya ditampilkan di roller bawah dengan zona hijau dan merah, dan detik dapat dibaca secara digital pada sangkar aluminium monoblok tourbillon yang dimiringkan 35 derajat dari sumbu vertikal.

Casing (lebar 41,5mm, tebal 22,4mm) yang terbuat titanium matte berlapis kristal safir membungkus kaliber otomatis HUB9013 yang terdiri dari 592 bagian. Diproduksi terbatas 50 buah, dengan harga USD 264.000 (sekitar IDR 4,2 milyar). www.hublot.com

 

IWC Schaffhausen

Pernah membayangkan jam tangan dengan akurasi hingga 45 juta tahun? IWC Portugieser Eternal Calendar adalah “Super Watch” yang memiliki keunggulan itu. IWC telah mencapai tonggak sejarah terbaru dengan prestasi teknik luar biasa,

karena ini adalah jam pertama yang kalender, tahun kabisat, dan anomali astronomi lainnya akan tetap presisi selama 400 tahun tanpa koreksi, indikator fase bulannya juga akan tetap akurat selama 45 juta tahun, dan tidak perlu menyetel pengingat! Semua keajaiban itu berkat mesin jam Calibre IW52640 baru yang dilengkapi dengan sistem penggulungan Pellaton dan menyimpan cadangan daya selama 168 jam dalam dua barel,

yang berarti memutar tombol jam sekali seminggu cukup untuk menjaganya tetap berjalan dengan andal selama berabad-abad mendatang. Jam berdiameter 44,4mm dari platinum ini ditawarkan senilai CHF 150,000 (Sekitar IDR 2,6 milyar). www.iwc.com

Patek Philippe

Retrograde Perpetual Calendar Rare Handcrafts Ref. 5160/500R dari lini Grand Complications ditafsirkan ulang oleh Patek Philippe dalam mahakarya terbarunya yang mengambil inspirasi dari jam saku bersejarah di Museum Patek Philippe.

Jam tangan mewah ini merupakan perayaan seni dengan bagian tengah dial jam, bezel, bagian tengah casing, tombol jam, penutup berengsel, lug, gesper lipat, dan sekrup tali jam seluruhnya dihias dengan cermat dengan tangan, berupa dekorasi ukiran volute dan dedaunan.

Ditenagai oleh caliber QR 26-330 S pemuntir otomatis, jam tangan ini menampilkan hari, siklus tahun kabisat, dan bulan melalui lubang khusus pada posisi jam 9, 12, dan 3. Tanggal ditunjukkan dengan jarum jam mundur yang menyapu busur antara jam 8 dan 4. Casing bergaya Officer dilengkapi dengan bagian belakang casing kristal safir yang dilindungi oleh penutup berengsel yang juga diukir tangan, menegaskan komitmen Patek Philippe untuk melestarikan seni kerajinan tangan langka.

Selain itu, mekanisme fase bulannya sangat akurat, hanya memiliki selisih satu hari dalam kurun waktu 122 tahun! Harga ritel yang disarankan saat berita ini dimuat: CHF 171,500 (sekitar IDR 3 milyar). www.patek.com

Piaget

Sebagai bagian dari hari jadinya yang ke-150, Piaget yang pernah memegang rekor untuk jam tangan mekanis tertipis di dunia menghadirkan tourbillon tertipis di dunia, yaitu Piaget Altiplano Ultimate Concept Tourbillion 150th Anniversary yang hanya setebal 2mm! Sangat sulit dipercaya sampai Anda melihatnya sendiri, mesin jamnya terintegrasi dengan caseback untuk mencapai rekor ketipisan tersebut.

Case berdiameter 41,5mm yang terbuat dari cobalt dengan treatment PVD biru didukung oleh Piaget caliber 970P-UC, kaliber manual dengan tourbillon periferal satu menit dan cadangan daya 40 jam.

Meski tourbillon kecil berputar di dalam melakukan rotasi sekali per menit, jam tangan setipis kartu kredit ini dapat menampung sangkar tourbillon.

Piaget harus mendesain ulang 90 persen mesin jamnya untuk mengakomodasi tourbillon, yang membutuhkan 25 persen lebih banyak tenaga dari pegas utama. Harga yang disebutkan saat rilis: EUR 600,000 (sekitar IDR 10,3 milyar). www.piaget.com

Roger Dubuis

Keahlian merek ini adalah tourbillon dan tahun ini Roger Dubuis meluncurkan jam tangan tourbillon yang disajikan dalam berbagai format, baik tunggal, ganda, atau sentral. Kami pilihkan Excalibur Sunrise Double Tourbillon sebagai perpaduan estetika dinamis dan kecemerlangan mekanis yang terinspirasi oleh pancaran cahaya fajar.

Terbuat dari emas merah muda 18K, jam berdiameter 45mm ini dilengkapi dengan bingkai cincin bertatahkan gradasi 108 permata indah, yaitu garnet merah, spessartite oranye, dan batu safir kuning, serta dial jam kerangka dengan Celtic Cross bertatahkan permata dan penanda sembilan jam. Dial jamnya dilengkapi monotourbillon terbang ganda di bagian bawah pelat jam dan kaliber otomatis RD108SQ yang dibuat dari 319 komponen, dengan cadangan daya sekitar 72 jam. Edisi terbatas 8 buah, harga yang dicantumkan: sekitar IDR 6,9 milyar. www.rogerdubuis.com

Vacheron Constantin

Tahun ini Vacheron Constantin meraih rekor terbarunya dengan Les Cabinotiers ‘Berkley’ Grand Complication yang mengusung 63 komplikasi, dan menjadi jam paling kompleks di dunia! Jam saku yang dibuat dari emas putih 18K ini menawarkan 63 komplikasi terpisah, 245 permata, 2.877 komponen, dan berat 960 gram.

Nama “Berkley Grand Complication” merujuk pada W. R. Berkley, miliarder pemilik perusahaan induk asuransi W. R. Berkley Corporation dan Ketua Dewan Pengawas Universitas New York yang memesan jam ini.

Dibutuhkan penelitian dan pengembangan selama 11 tahun dan tiga pembuat jam tangan utama di Les Cabinotiers untuk mencapai mahakarya terbaru mereka ini.

Jam pertama di dunia dalam bentuk kalender abadi Tiongkok yang diprogram hingga tahun 2200, jam saku dengan diameter 90,8mm x tebal 50,55mm ini mengusung 63 komplikasi yang mencakup kategori:

Pengukuran dan pengaturan waktu: 9 komplikasi; Kalender abadi Gregorian: 7 komplikasi; Kalender abadi Cina: 11 komplikasi;

Kalender abadi pertanian Tiongkok: 2 komplikasi; Indikasi astronomi: 9 komplikasi; Kronograf sepersekian detik: 4 komplikasi; Fungsi alarm: 7 komplikasi; Grande Sonnerie: 8 komplikasi, dan Fungsi tambahan: 6 komplikasi. www.vacheron-constantin.com

Share via
Copy link
Powered by Social Snap