Bring Bovet Back To Life

Project Info

Project Description

Ia mengambil alih Bovet di tahun 2001 dan membangun kembali warisan berharga di dunia horologi tingkat tinggi tersebut

Pascal Raffy

Direktur Utama & Pemilik BOVET 1822

 

Kolektor jam tangan dan pebisnis Pascal Raffy menemukan kembali merek jam tangan mewah Swiss, Bovet, setelah Edouard Bovet mendirikan merek tersebut di tahun 1822, yang pada awalnya bertujuan untuk membuat jam saku khusus untuk pasar Cina. Namun setelah sukses besar di Cina, Bovet melihat ke seluruh dunia dan mulai memproduksi jam tangan yang sangat terampil, sampai tahun 1939 ketika manufaktur tersebut berhenti memproduksi untuk sementara waktu. Di tahun 2001 Bovet bangkit kembali setelah pengusaha Pascal Raffy mengakuisisinya. Ia adalah seorang kolektor jam tangan yang gemar dan bangga memiliki koleksi eksklusif jam saku asli Bovet, dan bersumpah untuk menghidupkan kembali merek tersebut, dan sejak itu ia menjadi pemilik dan direktur pelaksana merek jam mewah itu. Berikut rangkuman wawancara daring kami dengan pria Prancis kelahiran Beirut pada tahun 1963 ini.

Tahun ini genap 20 tahun Anda mengambil alih brand ini. Apa hal terpenting yang perlu diketahui orang tentang Bovet?

“Ketika saya mengambil alih House of Bovet pada 2001, 20 tahun yang lalu, saya sudah menjadi kolektor jam tangan, dan saya punya beberapa arloji Bovet vintage di koleksi saya. Saya memutuskan untuk membawa House of Bovet kembali ke masa kejayaannya, dan itu berarti menjadikannya sebuah perusahaan pembuat jam tangan yang seutuhnya, lengkap dengan fasilitas in-house, kemampuan, dan artisannya. Kini kami punya pabrikan sendiri di Tramelan, kami punya lini perakitan final di kastel Bovet di Môtiers, dan kami juga punya para artisan dan pengrajin in-house di bengkel kerja kami.”

Tren saat ini adalah seputar personalisasi dan kustomisasi. Bagaimana posisi Bovet dalam hal ini?

“Bovet telah menggarap arloji pesanan khusus sejak awal berdirinya dulu, sejak 1822, dan sekarang, sekitar 30% produksi kami dipersonalisasi dan dikustomisasi. Kami siap melakukan hal-hal semacam ini karena seluruh produksi kami melibatkan sentuhan manusia dalam setiap prosesnya. Jadi, menambahkan ukiran unik, mengganti warna, atau bahkan membuat jam tangan yang 100% dibuat sesuai pesanan, atau sepasang jam tangan pesanan khusus seperti kolaborasi Rolls-Royce, adalah sesuatu yang bisa dan gemar kami lakukan. Kami senang mewujudkan arloji impian.

Apa tantangan terbesar ketika membuat arloji khusus yang Anda garap bersama Rolls-Royce?

“Ini kolaborasi yang luar biasa, karena kami mengembangkan arloji dan sistem mounting bersamaan dengan proses desain mobilnya. Karena jam tangannya dimaksudkan untuk diletakkan di dasbor mobil, maka harus diuji layaknya bagian-bagian mobil tersebut, termasuk uji getaran, suhu, suara, dan benturan.”

Simak liputan lengkapnya di CGW Indonesia Edisi 17/2021.

Copy link
Powered by Social Snap