When Stars Aligned

Kolaborasi Krayon dan Jean Todt hadir dalam ‘Anywhere’, mahakarya jam tangan yang terinspirasi dari lukisan ikonis langit malam dari Van Gogh

Krayon mempersembahkan ‘Anywhere’, sebuah mahakarya jam tangan yang terinspirasi dari lukisan legendaris Van Gogh, ‘The Starry Night’. Terbuat dari sebongkah platinum murni dan dirancang khusus untuk legenda motorsport, Jean Todt, jam tangan ini bukan hanya penunjuk waktu, tapi juga simfoni keindahan dan presisi. Krayon, dengan keahlian tiada banding dalam seni kriya tinggi, berhasil menangkap esensi lukisan Van Gogh dalam setiap detail ‘Anywhere’. Jam tangan ini bukan sekadar alat pengukur waktu, melainkan sebuah perjalanan visual menuju langit malam yang abadi, sebuah karya seni yang tak lekang oleh waktu.

“The Starry Night” karya Vincent van Gogh adalah mahakarya pos impresionisme yang memikat, mengajak penonton memasuki alam semesta penuh warna dan pergolakan langit. Lukisan ini menangkap esensi malam dengan cahaya bintang yang menembus kegelapan, sementara setiap sapuan kuas seolah dipenuhi energi mistis, menciptakan suasana memikat yang membawa penonton ke alam mimpi. Lebih dari sekadar representasi langit malam, “The Starry Night” adalah eksplorasi mendalam tentang hubungan jiwa manusia dengan kosmos, sebuah pengalaman yang melampaui batas-batas dunia kita dan menyentuh esensi keberadaan itu sendiri.

Terinspirasi oleh semangat astronomi Van Gogh, Krayon menciptakan jam tangan ‘Anywhere’ dengan dedikasi terhadap estetika dan tarian kosmik. Setiap detail dirancang dengan presisi, mencerminkan siklus waktu layaknya balet matahari terbit dan terbenam. Penggunaan miniatur lukisan untuk menafsirkan ulang ‘The Starry Night’ sungguh luar biasa. Setiap sapuan warna direka ulang dengan cermat untuk menangkap jiwa lukisan asli.

Dial dibuat dengan mengisi cekungan kecil pada pelat logam dengan cat lacquer warna-warni, lapis demi lapis, menciptakan efek halus. Perpaduan pembuatan jam tangan mewah dengan kerajinan artistik kuno ini menciptakan harmoni unik, di mana waktu seolah terhenti dalam keindahan abadi “The Starry Night”, mengajak kita merasakan pengalaman panca indera yang tak terlupakan.

Jam tangan ini adalah perpaduan luar biasa antara seni dan sains, terinspirasi oleh ketertarikan Vincent van Gogh pada kosmos. Layaknya almanak miniatur, jam tangan ini mencerminkan eksplorasi mendalam sang seniman terhadap misteri langit dalam karya ‘The Starry Night’. ‘Anywhere’ tidak hanya menggabungkan esensi artistik lukisan ikonis ini, tetapi juga mencerminkan tarian langit antara matahari dan bulan dengan fungsionalitas inovatifnya. Platinum menjadi pilihan ideal untuk jam tangan istimewa ini dan Krayon hanya menggunakan platinum 950, paduan eksklusif yang terdiri dari 950 bagian per seribu logam berharga ini.

Krayon ‘Anywhere’ mengungkapkan waktu matahari terbit dan terbenam di lokasi mana pun yang dipilih oleh pemakainya. Rémi Maillat, pendiri Krayon, menghidupkan ide-ide baru ini melalui kerumitan seni pembuatan jam. Jam tangan ‘Anywhere’ melampaui sekadar penunjuk waktu, menjadi simbol perpaduan ruang dan waktu, momen penting dan tempat istimewa.

Merek ini menata ulang konsep waktu, memahami bahwa setiap pagi dan sore adalah unik secara pribadi. Jam tangan ini dilengkapi caliber C030 manual winding yang dirancang dan dirakit di Swiss oleh Rémi Maillat. Meskipun terlihat sederhana, kaliber ini sangat tipis (5mm) dan memiliki 432 komponen dengan penyimpan daya 72 jam. ‘Anywhere’ menampilkan jam dan menit dengan dua jarum, berlatar belakang yang menciptakan ilusi suspensi.

Cincin perifer lebar dibagi menjadi sektor siang (biru langit) dan malam (biru tua), yang panjangnya berubah untuk mencerminkan waktu matahari terbit dan terbenam secara akurat. Fitur inovatif ini tidak hanya menangkap esensi waktu, tetapi juga sensitif terhadap garis lintang geografis, memengaruhi panjang siang dan malam. Krayon mengembangkan sistem rak dan tuas serbaguna untuk mengakomodasi perbedaan ini, memungkinkan penyesuaian mudah oleh pembuat jam setelah lokasi pemakai ditentukan.

Jam tangan ‘Anywhere’ tidak hanya menampilkan waktu, tetapi juga kalender sederhana pada posisi jam 6, menunjukkan tanggal dan bulan dengan hanya memerlukan lima penyesuaian tahunan. Cakram safir siang dan malam menjadi pusat perhatian, satu dicat tangan dengan warna biru tua dan bintang-bintang Super-LumiNova™, sementara yang lain berwarna biru langit. Matahari, yang direpresentasikan di atasnya, menyelesaikan sirkuitnya, setiap sinar dipertegas oleh proses pelapisan berlian.

Flange miring dengan koordinasi warna juga berfungsi sebagai skala 24 jam. Pengerjaan cermat terlihat pada perforasi hand-chamfered dan jembatan yang dirancang secara artistik. Perhatian terhadap detail ini memperkuat posisi ‘Anywhere’ sebagai contoh indah dari pembuatan jam kontemporer. Krayon ‘Anywhere’ membuktikan bahwa bintang tak hanya bisa dinikmati di langit malam, tetapi juga dapat diabadikan dalam mahakarya horologi yang inovatif dan memukau.

Penulis: Billy Saputra

Share via
Copy link
Powered by Social Snap
×