On Concepts and Haute Horlogerie

Berbincang dengan Carlos Rosillo tentang pameran yang mengusung filosofi dan keunggulan pembuatan jam tangan Bell & Ross, hingga kunci sukses dalam pembuatan jam tangan independen

Carlos Rosillo
CEO & Pendiri Bell & Ross

Salah satu pendiri Bell & Ross, Carlos-Antonio Rosillo kembali hadir di Kuala Lumpur, Malaysia untuk meresmikan butik terbarunya dan membuka pameran eksklusif bertajuk “Concepts and Haute Horlogerie” (simak berita lengkapnya di halaman 106-110).

Koleksi jam tangan Bell & Ross telah berkembang pesat, berkat pengembangan kreativitas, inovasi, dan teknis dari perusahaan pembuat jam asal Prancis ini. Kami dan beberapa teman media dari berbagai negara mendapatkan kesempatan berbincang langsung dengan pria karismatik ini, berikut rangkumannya.

Carlos Rosillo dengan ramah menjelaskan arah merek yang dibangunnya bersama sahabatnya, Bruno Belamich, serta kunci kesuksesan merek asal Perancis yang dipengaruhi oleh desain Bauhaus Jerman dan diproduksi dengan keahlian mesin jam Swiss.

Tidak asing lagi dalam mendorong batas-batas inovasi dan desain horologis, Bell & Ross menjadi terkenal dan memperkuat identitasnya dengan diciptakannya BR-01 di tahun 2005 yang terinspirasi oleh jam di kokpit pesawat.

Desain jam tangan instrumennya yang dilengkapi dial bundar di dalam case persegi dan 4 sekrup dekoratif telah berhasil mendapatkan kepercayaan di kalangan para kolektor yang mencari sesuatu yang luar biasa, “Anda bisa mengenali Bell & Ross pada pandangan pertama,” jelasnya.

“Dan ini penting karena ada banyak produk bagus di luar sana, tapi yang menarik perhatian Anda selalu sesuatu yang berbeda. Saya rasa kami diterima dengan baik di sini karena Bell & Ross sangat avant-garde dan kami menunjukkan banyak kreativitas. Kami memiliki elemen kejutan, namun hal ini selalu sesuai dengan filosofi merek.”

Ia menegaskan bahwa Bell & Ross berhasil menciptakan beragam koleksi yang sangat presisi dan memiliki tujuan yang jelas, produk yang solid, dan diperuntukkan bagi pelanggan yang berkepribadian.

Menanggapi pertanyaan kami tentang pameran “Concepts and Haute Horlogerie” dan bagaimana ia mempertahankan DNA sembari terus menciptakan karya baru yang menakjubkan setiap tahun, Carlos mengaku bahwa Bell & Ross memandang ‘Konsep’ sebagai sumber untuk memelihara DNA merek, “Konsep adalah representasi abstrak suatu objek atau kumpulan objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama,” lanjutnya. “Bagi Bell & Ross, konsep merupakan sumber rangkaian produk baru untuk memelihara DNA merek, hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendobrak batas-batas inovasi dan pengetahuan.

Ekspresi inovasi yang berkelanjutan dan meningkat dalam merek dan identitas produk kami adalah kompas penting yang memandu perjalanan kami menuju masa depan. “Concepts and Haute Horlogerie” akan mendorong kita maju, mendorong batas-batas kreativitas dan keahlian untuk mendefinisikan cakrawala baru dalam lanskap pembuatan jam tangan yang terus berkembang. Komitmen terhadap inovasi ini tidak hanya melestarikan warisan kami namun juga memastikan bahwa kami tetap menjadi yang terdepan dalam keunggulan horologis, memikat para penggemar dengan konsep inovatif dan jam tangan yang luar biasa.”

Saat ditanya mengenai bidang pembuatan jam tangan apa lagi yang ingin ia jelajahi di masa depan, Carlos mengaku bahwa mereknya terus berinovasi dan berkembang, “Seperti yang ditunjukkan dari peluncuran lini terbaru kami, BR-X5. Kami telah mampu menawarkan mesin manufaktur vertikal untuk pertama kalinya dalam rangkaian produk inti kami. Menyatukan keterampilan, nilai yang sangat berharga bagi perusahaan sebagaimana diwakili oleh logo ‘&’ kami, mewakili kombinasi keahlian yang berbeda namun saling melengkapi yang memungkinkan kami untuk terus mendorong batas-batas pembuatan jam tangan.

Dalam rangkaian produk Haute Horlogerie, kami memiliki lebih banyak kebebasan untuk menawarkan model-model yang unik dan sangat menarik, baik dalam mesin jam maupun detail dial jamnya. Versi safir kami adalah contoh yang tepat, khususnya BR-01 Cyber Skull Sapphire Ice Blue yang kami rilis tahun lalu. Kita tidak mempunyai batasan dalam hal kreativitas; namun, sangatlah penting untuk selalu menjaga identitas kita.”

Bagaimana dengan rencana ke depan dan model terbaru di tahun 2024? Ia menjelaskan dengan mata berbinar, “Rencana kami di tahun-tahun mendatang adalah untuk lebih memperkuat pilar kami dengan fokus khusus pada lini BR X5. Kami ingin terus mengembangkan kehadiran internasional kami dan mempertahankan ikon kami BR 03, dan koleksi terlaris kami BR 05 demi memenuhi harapan pelanggan kami.

Selain itu, sejak tahun 2016 dengan BR-X1 Chronograph Tourbillon Sapphire, kami terus mengembangkan rangkaian Haute Horlogerie kami dengan menggabungkan komplikasi jam tangan bergengsi, performa teknis, dan kode desain khas kami. Khusus untuk tahun 2024, tujuan kami adalah untuk meningkatkan merek dengan menawarkan lebih banyak kaliber yang diproduksi. Jika saya harus meringkas tahun ini, saya akan mengatakan: hitam telah kembali”.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap