Alive In Time Through The Five Senses

Perjalanan multisensori melintasi waktu bersama Grand Seiko dan mengalami berbagai inovasi mengagumkan yang diwujudkan dalam pameran bertajuk ‘Hidup dalam Waktu melalui Panca Indera’

Kolektor dan penggemar jam di manapun akan setuju jika cara terbaik untuk mengapresiasi jam tangan adalah dengan pengalaman yang utuh, termasuk menyentuh dan mengenakannya di pergelangan tangan. Dalam sebuah ajang pameran jam tangan pun, pengunjung sebaiknya diberi kesempatan untuk menyentuh dan merasakan jam tangan idaman mereka untuk menemukan keindahan jam tersebut.

Grand Seiko menyambut permintaan tersebut dengan menawarkan pengalaman sensorik yang unik dan sensasional yang membangkitkan indera para penggemar dan kolektor jam melalui pameran “Alive In Time Through The Five Senses” yang mendalam, dan menghadirkan perspektif baru tentang seni pembuatan jam tangan.

Acara pameran eksklusif yang bertajuk ‘Alive in Time through the Five Senses’ ini diadakan oleh Grand Seiko Asia Pasifik pada tanggal 15 hingga 18 Maret, bertempat di gedung 72-13, Mohamed Sultan Rd, Singapura yang dihadiri oleh 150 tamu undangan eksklusif untuk menyelami langsung multisensori warisan, inovasi, dan keahlian merek tersebut.

Seiring dengan filosofi merek jam tangan mewah asal Jepang ini, ‘The Nature of Time’ (Sifat Waktu) yang mendasari dedikasinya untuk menciptakan jam tangan yang melampaui pengukuran waktu dan mewujudkan spiritualitas waktu Jepang yang sangat terinspirasi oleh alam dan musimnya, serta dihidupkan oleh semangat Takumi yang mengacu pada pengrajin ahli yang telah mencapai penguasaan dalam kerajinan mereka.

Pertama kali diselenggarakan di Tokyo, Jepang tahun lalu, acara privat selama empat hari ini memamerkan sejarah merek, keahlian, inovasi, seni pembuatan jam tangan, serta budaya dan warisan Jepang, di mana para tamu diajak melalui perjalanan mendalam yang melibatkan kelima indera: penglihatan, suara, sentuhan, rasa dan penciuman. Setelah dibuka dengan sambutan yang hangat dari Munehisa Shibasaki (Director, Senior Vice President di Seiko Watch Corporation) dan Ida Idris-Low (Managing Director Grand Seiko Asia Pasifik), kami diajak berkeliling memasuki berbagai ruangan dan mengalami langsung lima bagian dari pameran: penglihatan, suara, sentuhan, rasa, dan penciuman.

Ruang Sight

Di tempat ini, para tamu diperkenalkan dengan mesin jam yang merupakan dasar dari jam tangan Grand Seiko, 9S Mechanical, 9R Spring Drive dan mesin jam 9F Quartz, dengan demonstrasi perakitan mesin jam 9S dan 9R oleh pakar pembuat jam tangan yang dihadirkan langsung dari Jepang, Satoshi Hiraga dan Ikukiyo Komatsu.

Keduanya telah memenangkan banyak penghargaan dan merupakan penerima Medali Kehormatan dengan Pita Kuning, yang dianugerahkan oleh Kaisar Jepang kepada individu-individu yang “melalui ketekunan dan ketekunan mereka saat terlibat dalam aktivitas profesional mereka, menjadi panutan publik”.

Satoshi Hiraga, Kepala pembuat jam di Shizukuishi Watch Studio mengkhususkan diri pada mesin jam mekanis, sedangkan Ikukiyo Komatsu dari Shinshu Watch Studio bertanggung jawab atas Spring Drive, dan kami diajak menyaksikan langsung bagaimana para pakar pembuat jam tangan ini menunjukkan keahliannya masing-masing, dimana Hiraga mengerjakan kaliber otomatis 9S, sementara Komatsu mengerjakan mesin jam Spring Drive 9R.

Ruang Sound

Saat kami memasuki ruang ini, terpampang di layar besar, jam Kodo Constant-Force Tourbillon yang terkenal dengan komplikasi mekanis pertama dari Grand Seiko, yang memenangkan hadiah Chronometry di Grand Prix d’Horlogerie de Geneve 2022, dan menjadi sorotan.

Selama perjalanan pendengaran ini, kami melihat langsung bagaimana 340 bagian dirangkai menjadi satu dan setelahnya, suara murni dari ritme 16 ketukan Kodo, atau ‘detak jantung’ dalam bahasa Jepang, melalui ruang imersif yang diselaraskan dengan efek cahaya.

Ruang Touch

Di ruangan ini para tamu diundang untuk sepenuhnya menyelami eksplorasi jam tangan indah Grand Seiko, yang masing-masing terinspirasi oleh keindahan alam yang tenang. Ruang interaktif memberikan kesempatan kepada para tamu untuk mencoba dan merasakan sendiri ketepatan, kualitas, dan keindahan setiap jam tangan.

Di samping pajangan, taman Zen yang dibuat dengan cermat memberikan latar belakang yang tenang untuk fotografi. Perpaduan harmonis antara inspirasi alam dan seni horologis mendorong hubungan yang lebih dalam dengan momen, mengajak setiap tamu untuk tidak hanya melihat namun merasakan semangat Grand Seiko.

Sebelum memasuki ruangan Taste and Smell, terdapat empat pameran, masing-masing menggali inspirasi di balik setiap jam tangan di tengah presentasi yang disinkronkan secara mulus dengan alam. Perjalanan diakhiri dengan pengalaman Hassun Jepang, yang dikuratori secara khusus bekerja sama dengan Chef Aeron dari Kappou. Menu ini mewakili perjalanan waktu dan transisi dari dinginnya Musim Dingin dan bagaimana caranya itu terungkap untuk menyambut musim semi, di mana bunga-bunga mulai bermekaran dengan berlimpah.

Bercermin pada kesuksesan acara pertamanya di Asia Pasifik ini, Managing Director Grand Seiko Asia Pasifik, Ida Idris-Low berujar, “Acara ini menandai tonggak penting bagi kami; ini adalah pameran berskala besar pertama kami di wilayah ini, dan merupakan bukti dedikasi Grand Seiko yang tak tergoyahkan terhadap keahlian, inovasi, dan seni pembuatan jam tangan.

Menghadirkan ‘Hidup dalam Waktu melalui Panca Indera’ ke belahan dunia ini tidak hanya menggarisbawahi komitmen kami kepada para penggemar dan klien kami di sini, namun kami juga sangat senang telah memberikan pengalaman imersif yang merayakan keindahan rumit jam tangan kami dan terhubung erat dengan panca indera masing-masing individu, mengajak mereka untuk hidup dalam waktu bersama kita. Acara ini merupakan jembatan antara kisah masa lalu kami dan visi kami untuk masa depan, yang mewujudkan komitmen kami untuk menginspirasi dan memimpin dunia pembuatan jam tangan mewah.”

‘Alive in Time’ adalah pesan komunikasi baru Grand Seiko, yang mengekspresikan dinamisme dan komitmen merek ini sebagai produsen jam tangan mewah untuk terus berinovasi dan mendorong batas-batas pembuatan jam tangan, menarik bagi mereka yang hidup di masa kini dan terus bertransformasi. Kita tunggu inovasi mengagumkan berikutnya dari Grand Seiko!

Share via
Copy link
Powered by Social Snap