Trophee Chopard 2023

Natalie Portman memberikan penghargaan yang sangat bergengsi ini pada duo pemenang tahun ini, aktris Naomi Ackie dan aktor Daryl McCormack

Trophée Chopard dibuat pada tahun 2001 atas prakarsa Caroline Scheufele, Co-President & Artistic Director Chopard yang juga pencinta seni seventh Art. Trophée Chopard diberikan setiap tahun kepada dua talenta yang sedang naik daun di dunia akting film, dan upacara penyerahan penghargaan tersebut merupakan bagian dari kalender resmi Festival Film Cannes ke-76.

Pada 19 Mei lalu, penghargaan bergengsi tersebut kembali hadir di Cannes dan dimenangkan oleh dua talenta di dunia film, yaitu aktris Naomi Ackie dan aktor Daryl McCormack.

Ada yang menarik mengenai penyerahan penghargaan ini, yaitu Natalie Portman yang didapuk menjadi “Godmother Trophée Chopard 2023” dan sebagai Ibu baptis, ia memberikan Trophée Chopard kepada dua aktor pendatang baru di acara tersebut.

Upacara penghargaan berlangsung selama jamuan makan malam yang glamor dan terkenal di Cannes ‘Carlton Beach Club, atas undangan bersama dari Caroline Scheufele, Iris Knobloch dan Thierry Frémaux.

Saat Portman naik ke atas panggung, wanita vegan yang berbintang Gemini ini mencurahkan pujian untuk para penerima penghargaan, “Bintang Naomi Ackie menyala terang dan ganas,” ujarnya, “Kehadiran Nona Ackie tidak dapat disangkal.” Adapun McCormack, dia mengatakan “Gaya penampilannya luar biasa.”

Sebagai ibu baptis Trophée Chopard, Portman juga merayakan gagasan untuk memberikan contoh bagi generasi bintang muda Hollywood berikutnya, sesuatu yang dia lakukan baik sebagai aktivis vegan, juru kampanye politik, dan pembela hak-hak perempuan yang bersemangat di industri hiburan dan di luar.

Setelah edisi yang dipimpin oleh Julia Roberts, Caroline Scheufele memutuskan untuk mempercayakan penghargaan tahun 2023 kepada aktris yang sama-sama legendaris, yaitu Natalie Portman. Aktris Israel-Amerika ini telah mengejar karirnya dalam industri ini sejak Léon karya Luc Besson (1994) yang membawanya ke layar kaca di usia 12 tahun, dan memenangkan Oscar untuk Aktris Terbaik di tahun 2011 untuk penampilannya dalam Black Swan karya Darren Aronofsky.

Selama hampir 30 tahun karirnya hingga saat ini, Natalie Portman telah dengan mahir memainkan berbagai peran yang mengesankan di lebih dari 60 film dan lima seri. Setelah melakukan diversifikasi ke penyutradaraan pada tahun 2008, dengan film pendek pertamanya Eve membuka Festival Film Venesia, dia juga terlibat dalam produksi.

Natalie Portman yang terlibat secara sosial adalah pengunjung tetap di festival film internasional besar, di mana penampilannya selalu dikaitkan dengan pesan kuat yang mengadvokasi tujuan mulia, seperti perjuangan melawan seksisme. Pada tahun 2018, aktris tersebut berjalan di karpet merah di Festival Film Venesia mengenakan anting-anting dari Chopard’s Green Carpet Collection, dibuat dari emas etis bersertifikat Fairmined dan berlian yang bersumber secara bertanggung jawab.

Caroline Scheufele mengomentari pilihan ibu baptis yang luar biasa ini, “Natalie Portman adalah legenda perfilman yang selalu saya kagumi, tidak hanya karena bakatnya yang luar biasa sebagai seorang aktris, tetapi juga karena komitmennya sebagai wanita dengan keyakinan yang kuat. Saya tahu bahwa dia mencurahkan seluruh hatinya untuk proyek-proyeknya, dan dengan keterlibatan emosional yang kuat dan sikap peduli dia akan memberikan penghargaan mereka kepada para pemenang Trophée Chopard 2023.”

Mengomentari Trophée Chopard, Caroline berujar: “Chopard sangat percaya dalam melanggengkan profesi artistik yang dikembangkan di workshop kami sebagaimana dibuktikan oleh fokus kami pada pelatihan. Oleh karena itu wajar saja untuk memperluas kepedulian kami untuk transmisi ke komitmen kami pada sinema Trophée Chopard memungkinkan kami untuk menarik perhatian pada seorang aktris dan aktor yang pantas untuk mendapatkan pengakuan di bidangnya untuk memulai karir mereka. Pemenang penghargaan ini secara konsisten telah mengkonfirmasi harapan yang diberikan kepada mereka.”

Trofi berbentuk pita film perak berlapis emas ini dirancang oleh Caroline Scheufele sendiri. Seperti Palme d’Or dan semua piala yang diberikan pada upacara penutupan Festival Film Cannes, itu dibuat oleh pengrajin perhiasan Maison di bengkelnya.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap