Past, Present, Future

Wisata ke museum dan rumah ultra-modern Omega yang menampilkan sejarahnya yang panjang dan terkenal sejak tahun 1848

Wisatawan yang ingin mengunjungi ‘kampung halaman’ Omega dan ingin menyelami atau mempelajari segala hal tentang Omega dapat melakukannya dalam satu hari dan di satu tempat. Butik terbaru mereka di Biel/Bienne menandai tahap akhir dalam pengembangan besar yang meliputi Musée (museum) baru yang spektakuler dan manufaktur Omega yang canggih, dan kita dapat menikmati pengalaman Omega yang lengkap, mulai dari warisan merek yang luar biasa di museumnya, hingga model terbaru yang terdapat di butik mereka yang nyaman dan luas.

Museum Omega di Biel/Bienne Swiss adalah museum pertama yang didedikasikan untuk pembuat jam Swiss ini dan telah lama menjadi penjaga sejarah Omega. Namun, mengingat panjang dan dalamnya warisan merek tersebut, tidak dapat dihindari bahwa sebuah museum baru pada akhirnya diperlukan, dan di tahun 2019, merek jam asal Swiss ini membuka museum barunya di kota yang terkenal dengan sebutan Cité du Temps (bahasa Prancis untuk Kota Waktu) yang terletak di jantung Biel, ibu kota pembuat jam dunia, kampus Swatch Group dan Omega di Biel/Bienne Swiss. Di gedung museum yang luas dan modern ini kita akan mendapatkan kisah menarik merek Swiss ini melalui film-film imersif, pameran menarik, hingga pengalaman interaktif yang menyenangkan.

Saat mendapatkan tawaran untuk mengunjungi museum ini, kami tentu bersemangat, meski harus bangun lebih pagi karena kebetulan kami menginap di Jenewa, dan perjalanan dari tempat kami menginap menuju ke Biel dengan mobil memakan waktu sekitar 2 jam. Ada juga pilihan untuk naik kereta, dan lanjut dengan bis dengan nomor-nomor tertentu (info lengkap kami cantumkan di akhir artikel). Setibanya di “markas” Omega, jangan lupa berfoto di depan gedung kantor dan manufaktur Omega yang modern, berdinding kaca dan dihiasi logo khas Omega. Museum terletak di gedung indah penuh cahaya yang dirancang oleh arsitek pemenang penghargaan Shigeru Ban ini.

Perjalanan ke jantung sejarah Omega ini dimulai dari lantai dua, dimana kita akan disambut oleh resepsionis yang akan menjelaskan hal-hal yang perlu kita ketahui sebelum memulai tur. Pengalaman yang sangat menyenangkan ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa, anak-anak usia sekolah pun akan betah berlama-lama di museum ini, karena tidak seperti museum pada umumnya, di sini kita mendapatkan pengalaman interaktif.

Pertama kita diajak untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, dalam tajuk “History of Time” Omega yang melacak pencarian umat manusia akan presisi, dari jam paling awal hingga pergerakan paling modern, yang diputar di sebuah ruangan berbentuk kubah yang megah.

Setelah kita masuk, pintu tertutup secara otomatis, dan kita akan disambut dengan pertunjukan video imersif 360 derajat berupa film tentang sejarah waktu, dan kita akan merasakan lantai yang berputar, dinding yang berupa layar lebar di sekeliling kita seakan bergerak dan kita seakan berada di dalam sebuah film menarik tentang sejarah pengukuran waktu selama ribuan tahun lalu, mulai dari sistem pengukuran waktu dari bayangan matahari dan air di zaman Mesir kuno hingga zaman China kuno, mulai dari jam pasir hingga jam saku dan sejarah Omega. Di museum ini kita juga dapat melakukan perjalanan di dalam mesin jam tangan (raksasa), tanpa terjebak dalam roda gigi, dengan masuk ke sebuah Speedmaster walk-in raksasa yang memutar film animasi ajaib yang mengungkapkan cara kerja Co-Axial Escapement yang terkenal.

Setelah menyaksikan pertunjukan di ruang-ruang tersebut, pintu lainnya otomatis terbuka dan pengunjung bebas masuk ke ruangan lainnya, sungguh seru seperti di film-film sci-fi. Ada juga ruang di mana kita dapat dengan bebas merasakan keseruan semangat Olimpiade mereka di lintasan lari 9m, dan bahkan mencatat waktu yang kita tempuh dengan teknologi Pencatat Waktu Resmi Omega.

Pengunjung juga dapat menjelajahi sejarah pembuatan jam tangan wanita Omega, berjalan melintasi permukaan bulan, dan memasuki dunia James Bond 007 yang menarik. Selain itu, kita juga dapat berbelanja suvenir dan pernak-pernik Omega, yang tidak akan kita dapatkan di tempat lain.

Selain terdapat butik dan museum yang megah dan modern, markas di Biel juga rumah bagi pabrik ramah lingkungan Omega yang luas, modern dan mengesankan, tempat semua jam tangan merek ini dibuat dan diuji. Ini adalah perjalanan wisata terbaik, bukan hanya bagi para penggemar Omega, namun juga penggemar jam tangan yang antusias dengan sejarah pembuatan jam tangan, para sejarawan di industri jam dan pecinta teknologi, bahkan untuk keluarga. Museum Omega dibuka untuk umum, gratis dan buka dari Selasa hingga Jumat mulai pukul 11.00 hingga 18.00, dan pada hari Sabtu dan Minggu dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore, kecuali pada hari libur nasional.

HOW TO GET THERE

Berbagai koneksi bus tersedia dari stasiun kereta Biel/Bienne. Dari sana Anda dapat menggunakan layanan bus 2, 3, 4, atau 72 dan berhenti di terminal bus Omega. Khusus untuk kunjungan dalam grup (Group Visit), demi memastikan kelancaran pengaturan kunjungan, pengunjung harus menghubungi melalui email setidaknya 72 jam sebelum tanggal yang diminta. Permintaan kunjungan rombongan ditangani oleh tim reservasi mereka, cukup kirim permintaan Anda melalui email ke contact@citedutemps.com dan konfirmasi akan mengikuti tergantung ketersediaan.