The Rabbit Effect

Dunia horologi merayakan tahun baru China dengan merilis jam tangan edisi khusus

 

Kalender zodiak China kaya akan simbolisme dan juga tradisi, dan kita akan memasuki tahun Kelinci Air yang dimulai pada 22 Januari 2023 dan akan berlangsung hingga 9 Februari 2024. Tahun Kelinci Air menjadi menarik karena kelinci dikenal sebagai hewan yang paling beruntung dari dua belas hewan yang ditampilkan dalam zodiak China. Terlebih lagi, kelinci dikaitkan dengan kreativitas, kecerdasan, dan kemakmuran, serta melambangkan keanggunan, kebaikan, dan kebajikan dalam budaya tradisional China. Setiap tahunnya, berbagai merek jam tangan juga memproduksi edisi spesial untuk memperingati perayaan tahun baru China, menggunakan hewan zodiak di tahun itu sebagai inspirasi. Berikut ini adalah beberapa pilihan Collector’s Guide-WATCHES Indonesia untuk Anda.

Breguet Classique 9075 2023 Chinese New Year Edition

Breguet merayakan tahun kelinci dengan 8 buah jam tangan edisi terbatas yang didedikasikan untuk wanita. Breguet Classique 9075 2023 Chinese New Year Edition yang hadir dari lini Classique ini menampilkan kombinasi teknik artisanal mereka, yaitu keahlian enamel dan ukiran. Para pengrajin dari Breguet menggabungkan keunikan kelinci dengan pengerjaan enamel yang canggih dan teknik ukiran tangan yang menghidupkan makhluk hidup berjiwa bebas ini ke dalam jam tangan edisi spesial. Bagian dial menggambarkan pemandangan dinamis yang indah, di mana 6 ekor kelinci bermain di sekitar tanaman hijau kebiruan dengan latar belakang awan, dan semua pola diukir dengan tangan pada dial jam emas putih 18 karat.

Menariknya, sementara motif sentral diukir di bawah permukaan enamel, hewan kelinci diukir di atas enamel dan digariskan pada ketinggian maksimum, dan ukiran emas menggunakan teknik bas-relief yang terdiri dari pola pahatan dalam dimensi jam tangan yang sangat kecil. Di balik keindahan dial jamnya, Breguet menggabungkan hal tradisional dari Haute Horlogerie dengan keanggunan estetika, yaitu pada detak jantung caliber 591C yang dihias dengan tangan, dan dilengkapi dengan 171 komponen yang berdetak pada frekuensi 4 Hz dan memiliki cadangan daya selama 38 jam. Bagi Breguet, kerajinan artistik bukan sekadar sarana untuk meningkatkan mekanika pembuatan jam, melainkan bagian dari DNA Breguet, yang sejak 1775 secara konsisten mengabdikan kepentingan yang sama pada estetika, teknik, dan inovasi pada level yang sama.

Piaget Altiplano Zodiac

Piaget selalu merayakan tahun baru China sejak tahun 2012 sebagai kesempatan penting untuk mengumpulkan “Piaget Society” di saat-saat untuk berbagi kebahagiaan. Untuk tahun 2023, jam tangan Altiplano Zodiac edisi terbatas kali ini hadir menampilkan hewan kelinci dengan enamel cloisonné Grand Feu. Setelah sebelas kreasi jam tangan menggunakan enamel sebelumnya, tahun ini juga menandai tanda zodiak terakhir dalam rangkaian zodiak China dengan merayakan tahun kelinci air. Semakin istimewa karena model ini dibuat oleh master enameler Anita Porchet, salah satu enameler paling terkenal dan dihormati di Swiss dengan karya seninya yang sempurna, yang telah berkolaborasi dengan merek Piaget sejak tahun 2006.

Altiplano edisi terbatas yang hanya diciptakan sebanyak 38 buah ini menggambarkan dua kelinci bercahaya di bagian dial jam. Hadir dalam case berdiameter 38mm yang terbuat dari emas putih 18K, keindahannya berlanjut ke bagian bezel jam tangan mewah ultra tipis yang bertatahkan berlian sebanyak 78 butir. Sebagai sebuah penutup yang istimewa, jam tangan ini ditenagai oleh mesin jam 430P manufaktur Piaget yang sangat tipis dan dilengkapi dengan tali kulit buaya berwarna hitam.

IWC Schaffhausen Portugieser Automatic 40 Edition “Chinese New Year”

IWC Schaffhausen memperkenalkan model terbaru mereka: Portugieser Automatic 40 Edition “Chinese New Year.” Uniknya, model Portugieser yang klasik dan elegan ini dibalut dalam stainless-steel case berdiameter 40mm yang ergonomis dan menampilkan dial berwarna burgundy atau merah anggur dan jarum jam berlapis emas. Dari segi desain, warna burgundy di bagian depan merupakan variasi menawan dari warna merah terang yang biasa digunakan untuk menyambut tahun baru di China. Dalam budaya China, warna merah melambangkan panjang umur, kebahagiaan, kesuksesan, serta dipercaya membawa keberuntungan.

Case belakang jam transparan memamerkan mesin kaliber 82200 buatan IWC, dan rotor oscillating weight berlapis emas dalam bentuk kelinci. Selain itu, cincin di bagian case-back menampilkan ukiran “2023 YEAR OF THE RABBIT” dan sistem Pellaton otomatis secara efisien mengubah gerakan pada lengan pemakai jam tangannya menjadi energi serta membangun cadangan daya selama 60 jam. Diproduksi terbatas sebanyak 500 buah, jam tangan ini dilengkapi dengan dua tali jam berwarna hitam dan gradasi warna burgundy.

TAG Heuer Carrera Chronograph Year of the Rabbit

TAG Heuer meluncurkan jam tangan edisi terbatas TAG Heuer Carrera Chronograph Year of the Rabbit, dengan desain yang ramping dan detail yang rumit, cara khusus untuk menghormati kelinci dan semua hal yang diwakilinya dalam zodiak China.

Diproduksi terbatas sebanyak 500 buah, jam tangan ini dibuat berdasarkan TAG Heuer Carrera Chronograph berdiameter 44mm, dengan case dari stainless-steel serta tali jam yang ramping, dan dial hitam yang dihiasi dengan karakter China untuk kelinci. Model terbaru ini menampilkan indeks serta jarum jam dan menit di bagian depan yang dilapisi 18K 5N rose-gold dan dilapisi dengan pernis berwarna merah tua. Jarum chronograph dan jarum detik juga dilapisi rose-gold.

Pada bagian belakang case, hanya si pemakai jam tangan yang mengetahui kustomisasi secara penuh, yaitu sosok kelinci berwarna merah yang dicetak di tengah sapphire glass. Kata-kata “One of 500” dan “Limited Edition” diukir secara khusus di sekelilingnya untuk menunjukkan produksi terbatas jam tangan tersebut. Mesin Calibre Heuer 02 menggerakkan jam tangan yang memiliki cadangan daya selama 80 jam ini.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap