Childhood Dream Does Come True

Project Info

Project Description

Machinarius hadir dengan bentuk-bentuk unik, simbolik dan menyiratkan impian masa kecil penciptanya

Machinarius adalah nama yang dipilih Gennady, seniman asal Ukraina yang tinggal dan bekerja di kota Khmelnitsky, Ukraina untuk karya-karyanya yang sangat unik. Tidak mudah memang menemukan informasi tentang artis ini karena keinginannya untuk tidak menonjolkan diri. Hal yang tidak biasa dari pertunjukan seninya adalah orang diizinkan untuk menyentuh karya-karyanya yang dipamerkan.

Beruntung kami dari Collector’s Guide-WATCHES Indonesia berhasil menghubungi dan mewawancarainya secara daring. Ternyata ia sudah menggemari mesin sejak kecil, “Sejak kecil, berada di desa, saya selalu tertarik pada garasi kecil milik kakek. Di garasi berdiri sebuah sepeda motor yang gagah dan berbau bensin. Di rak ada beragam alat-alat dan minyak yang berkilau di bawah sinar matahari, yang menarik perhatian saya,” akunya. Dan suasana khusus di tempat itulah yang mendorong sang anak laki-laki itu untuk berkeinginan kuat dan menciptakan sesuatu.

 

“Sedikit demi sedikit saya berkenalan dengan dunia orang dewasa. Dan seiring waktu, tangan-tangan kecil sudah merencanakan dengan pisau kayu, paku-paku, bor tangan, dan menguasai berbagai kerajinan yang saya dengan antusias melarikan diri ke jalan dan menikmati bermain, melupakan semua yang ada di dunia. Pada saat-saat itulah saya menjadi orang yang paling bahagia,” lanjutnya. Berikut rangkuman tanya jawab kami dengan sang seniman nyentrik ini.

Apakah Anda adalah pendiri Machinarius? Lalu siapakah Sergey Kovtun?

Saya adalah pendiri merek Machinarius. Sergey Kovtun adalah teman saya. Dia hanya mengambil pameran dan presentasi karya saya yang di Ukraina.

Kapan Anda memulai merek Machinarius Master dan berapa banyak karyawan yang Anda miliki sekarang?

Pada 2014, muncul ide Machinarius dan proses pembuatan patung pun dimulai. Pada 2018 merek Machinarius digunakan. Hanya satu karyawan, itu saya. Ada mitra di Ukraina – Chernigov – Kiev dan Art Center Hores – Knokke – Belgia.

Bisakah Anda ceritakan bagaimana Anda mendapatkan inspirasi untuk karya luar biasa Anda?

Di masa dewasa, ingatan saya tentang perasaan masa kecil itu terkikis seiring waktu. Apapun yang saya lakukan di masa depan, tidak ada yang memicu kegembiraan dalam diri saya. Saya mencari dan berdoa lama meminta surga untuk memberi saya jalan  yang akan mengarah pada pekerjaan yang menghangatkan hati saya. Sampai suatu malam saya bermimpi, di mana saya melihat sebuah kota besar. Di kota ini hidup makhluk mekanik yang tidak biasa. Masing-masing dari mereka tidak mirip satu sama lain, melakukan bisnisnya sendiri dan memiliki panggilannya sendiri. Saya berjalan di sekitar kota untuk waktu yang lama, tidak memahami siapa dan dari mana makhluk-makhluk ini berasal, mencoba untuk lebih memeriksa mereka satu persatu.

Tiba-tiba salah satu penduduk kota ini perlahan menoleh ke arahku, matanya yang bercahaya mengisyaratkan sesuatu yang damai. Sambil meletakkan kopernya, dia berbalik ke arah saya dan berkata pelan: “Tapi kamu lah yang menciptakan dunia kami”, sekali lagi mengambil koper lusuh itu, lalu meninggalkan saya. Pada saat yang sama, saya terbangun dengan senyuman di wajah saya. Hati saya tenang dan bahkan bahagia. Kemudian saya kembali teringat masa kecil yang manis, sebagai seorang anak laki-laki yang diam-diam melakukan sesuatu di garasi kakek, dan perasaan indah yang saya alami di masa lalu. Seketika terlintas di benak saya bahwa ini adalah pekerjaan yang sudah lama saya cari. Saya ingin mewujudkan mimpi itu, saya memutuskan untuk membagikannya dengan orang-orang dan menunjukkan kepada mereka dunia makhluk yang tidak biasa. Menjelang malam, penduduk pertama di kota impian itu sudah jadi dan dipamerkan di rumah kami di tempat yang paling menonjol. Dan terima kasih kepada gadis cantik dan kekasihku, kami menyebut dunia ini “Machinarius”.

Berapa kisaran harga desain Anda?

Harga 1 karya mulai dari 1000 euro (IDR 17 juta) dan karya termahal dijual seharga 35.000 euro (sekitar IDR 606 juta).

Apakah peminat bisa membeli karya Anda secara online? Ada masalah dengan pengiriman jika Anda memiliki pembeli dari luar negeri?

Ya, tentu saja Anda bisa membelinya secara online. Saya mengirimkannya ke tempat mana pun di dunia. Karya saya ada di Moskow, New York dan di berbagai kota di Eropa. http://machinarius.gallery/en/

Copy link
Powered by Social Snap