A Continuous Journey

Tantangan baru, semangat pengembangan produk-produk Montblanc dan kejutan terbaru di 2023

Matthieu Dupont
President, Montblanc South East Asia, Australia and New Zealand

Montblanc adalah salah satu merek terkenal di dunia yang menjadi simbol keahlian serta ketrampilan terbaik dan desain yang tak lekang oleh waktu. Selama lebih dari satu abad, merek ini telah memproduksi beragam barang-barang mewah yang fungsional dan elegan, termasuk alat tulis, jam tangan, dan juga aksesoris. Collector’s Guide WATCHES Indonesia behasil mewawancarai Matthieu Dupont, Presiden Montblanc untuk Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru, “Akan ada banyak kejutan di ajang Watches and Wonders 2023 dan kami mengundang semua orang untuk berkunjung, karena Montblanc terus mengembangkan kategorinya untuk menjadi yang terbaik di kelasnya di industri ini,” ungkap Matthieu Dupont. Dalam kesempatan eksklusif kali ini, ia membagikan wawasannya tentang perkembangan terbaru, tantangan dan hal-hal menarik dari merek ini dalam waktu dekat.

 

Montblanc mewakili perpaduan keahlian dan desain abadi. Mengapa keahlian tradisional masih begitu penting? Atau justru lebih penting dari sebelumnya?

Montblanc telah identik dengan keahlian mutakhir sejak didirikan pada tahun 1906. Komitmen terhadap kualitas inilah yang menjadikan lambang Montblanc yang ikonik ini menjadi segel utama dari kinerja, kualitas, dan sebuah ekspresi gaya. Mengikuti semangat para pendiri kami, tujuan utama Montblanc saat ini tetap berkomitmen pada cita-cita tersebut, dengan semua kejutan dan tantangan yang datang sepanjang waktu.

 

Mendekati tahun 2023, jelaskan tentang perkembangan produk lanjutan terbaru dari Montblanc

Contoh terbaru dalam kategori jam tangan adalah Montblanc Star Legacy Exo Tourbillon Skeleton The Ascent – LE 8. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010, komplikasi Exo Tourbillon yang telah dipatenkan merupakan pilar utama dari koleksi jam tangan Montblanc. Idenya adalah untuk memposisikan balance wheel yang besar dan berdetak pada frekuensi rendah 18.000 osilasi, di luar bagian rotating cage dari tourbillon, yang pada akhirnya menjelaskan istilah “Exo.” Edisi terbatas yang baru ini juga mendorong konsep mekanisme yang mengambang secara lebih jauh lagi. Para pembuat jam di Montblanc bekerja selama lebih dari 12 bulan untuk menyusun skeleton movement yang baru, memikirkan kembali desain dan geometri, seraya menguji stabilitas setiap elemen. 188 komponen dengan kerumitan tinggi, termasuk lima pilar penyangga antara base plate dan bridge, semuanya disejajarkan agar filter cahaya dapat masuk. Hasilnya, komposisi garis-garis halus dan murni yang tipis berperan untuk memperbesar tourbillon yang memesona saat diputar.

Pembuat jam tangan sering menuju ke titik ekstrem, dan Montblanc sudah tidak asing lagi dengan tradisi seperti ini. Jelaskan betapa sulitnya membuat koleksi seperti itu, dan sejauh mana Montblanc dapat melangkah?

Keindahan Montblanc adalah kami memiliki warisan pembuatan jam tangan yang berasal dari Minerva sejak 1858 yang memberi kami akses ke arsip besar sebagai pembuat jam tangan. Hal ini memungkinkan Montblanc untuk selalu berkreasi dan memperbarui dari inovasi inovatif di masa lalu dengan kreativitas penuh semangat yang Anda bicarakan. Hal ini memastikan kombinasi sempurna antara kreativitas dan substansi di setiap jam tangan yang dimiliki oleh klien kami di seluruh dunia. Jam tangan Montblanc juga mewakili semangat eksplorasi yang unik untuk merek ini dan identik dengan keyakinan merek kami tentang “What Moves You, Makes You.”

 

Warisan Minerva juga lebih terlihat dari sebelumnya, melalui Heritage Line yang baru. Apakah Anda melihat tren jam tangan bergaya neo-vintage sebagai tren yang bertahan lama?

Tren seringkali bukanlah sesuatu yang bertahan lama dan Montblanc bukanlah merek yang dipengaruhi oleh tren. Sebaliknya, dengan setiap kreasi baru Minerva, kami menghormati sejarah pembuatan jam tangan yang mendalam. Oleh karena itu, ini bukanlah gaya Neo-Vintage, tetapi interpretasi warisan yang dimiliki Montblanc dengan menggunakan teknologi dan inovasi yang tersedia saat ini.

Montblanc bertujuan untuk lebih berkembang sebagai Maison untuk gaya hidup bisnis mewah. Apa definisi pribadi Anda tentang itu?

Itulah sebenarnya yang kami tawarkan; sebuah gaya hidup bisnis yang mewah. Saya tidak akan mereferensikan kategori produk apa pun di sini, melainkan bahwa Montblanc melengkapi gaya hidup di mana profesional dan pribadi terintegrasi.

 

Saran apa yang akan Anda berikan kepada pecinta jam tangan di Indonesia yang mengetahui merek Anda dan ingin memiliki jam Montblanc pertama mereka?

Kami akan menyambut mereka ke dunia Montblanc dengan mengetahui bahwa merek ini menawarkan keahlian yang cocok untuk gaya hidup bisnis mewah yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan yang paling ketat. Jika mereka memasuki dunia ini dengan jam tangan, kami mengundang mereka untuk melihat model ikonik dari Montblanc 1858 Iced Sea dan GMT, yang tidak hanya cocok untuk dikenakan sehari-hari tetapi juga menawarkan komplikasi dengan desain yang hebat dan keandalan maksimal. Dan jika mereka memasuki dunia jam tangan dengan Minerva, maka mereka memasuki dunia jam tangan yang diproduksi secara terbatas.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap